Senin, 06 Maret 2017

Perjalanan ibadah menuju lebih baik, Umroh ane pertama

Palembang 3 Maret 2017 (back date y ceritanya ane buat)

22 Feb 2017
Pagi ini 05.50 WIB tepatnya di Palembang, dengan menggunakan maskapai milik plat merah, perjalanan ibadah Umroh ku dimulai, start dari Palembang menuju Jakarta, actually ane lagi didalam burung besinya. Wah bahagia dan haru menuju tanah suci, tanpa disadar menetes air mata tetiba sambil membaca AlQuran, teringat pesan almarhumah Nenek, "aye (nama kecilku), kalo biso idak mutus turunan puyang semua ke tanah suci, kalo biso kau naek haji kagek", itu pesen nenek pas ane kecil, ya ini baru umroh insyaAlloh dipermudah untuk Haji 15 tahun lagi ^^.

07.10 tiba di Jakarta
Skg sih dalem bus menuju terminal international 2D. Menuju jeddah, Jamaah Umroh Palembang pakai burung besi plat merah juga, dg gagah boeing 777-300ER membawa ane dan seluruh jemaah Umroh (ada juga penumpang org asli Arab) menuju Jeddah tepatnya bandara international King Abdul Aziz di Arab Saudi.  10.00 WIB berangkat dari soekarno hatta, bismillah perjalanan dimulai dan rada lama kurang lebih 9 Jam penerbangan menuju Jeddah. Ane mulai baca buku panduan doa doa selama umrah, iye karena pas manasik kedua gak dateng, alhamdullilah Karin (istri ane) kirim link youtube cara pakai ihram sama doa doa, dan karena wifi didalam pesawat bayar (moso gratis mulu) jadinya manual, panduannya pakai buku yg sudah dikasih sama travel ArRaudah (trevel umroh dan haji di Palembang yg ane pilih).

Dalam pesawat mulailah berdatangan makanan, nasi ayam, roti, roti manis, buah dan teh susu, bismillah dan baca doa makan pun aku panjatkan, makan pun dimulai. Tetiba ada ibu ibu tua, lebih tua dari ibuku ke kamar kecil, dibimbing sama pramugari, terlintas teringat almarhumah nenek, sewaktu beliau haji, semoga pada saat itu nenek dibantu juga, dan kembali menetes air mata kembali di pipi, biar gak malu sama jemaah yg laen ane pake kacamata item, hahahahaha dan sambil makan, haru ane dan masih gengsi kalo netes air mata di pipi (astaghfirullah).

17.30 waktu Saudi
Ini dah didalam bus, sambil makan malam, dapet dari mutowip(Ustadz Abdul) yg insyaAlloh akan bantu jamaah Palembang umroh. Makanannya alhamdullilah Indonesia beud, ada tempe, telur, ayam bakar, sosis, pisang, nasi putih dan tentu saja makanan pembangkit selera, sambel.

Sampai di Jeddah tepatnya dihotel AlHaram jam 22.00 waktu Saudi, dan sama bapak bapak sekamar ane jam 23.00 langsung ke masjidil Nabawi, bapak bapak kamar ane gak mau kehilangan moment sedikitpun, Alhamdullilah malam pertama bisa solat di ArRaudah. Kelihatannya solat dah gitu ajah, no no no, ternyata ane dapat pengalaman luar biasa, menuju ArRaudoh harus menunggu dan berdesakan bersama jamaah dari negara lain, nah pas giliran kita depan org barat dan arab dan belakang org india, jadi kita kecil kecil banget, alhamdullilah seperti gak jalan berasa melayang diantara jamaah lain, dan tibalah di ArRaudoh, kalo kata ustad Habib Ali tempat ini surga yg ada didunia, selesai solat sunnah kita diminta tentara mesjid atau askar bergerak dan berteriak "yalla yalla Haj", dan nampak perkuburan Nabi Muhammad SAW, lalu kita memberikan Salam kepada Baginda Nabi. Dan 23 Feb 2017 terlihat di jam tangan, ternyata sudah kamis di pukul 01.00 dini hari waktu saudi, dan lanjut tidur.

Ya kini sudah Kamis, 23 Feb 2017
Dibangunin bapak bapak sekamar ane, tapi ane menuju masjid jam 04.00, utk solat malam dan subuh di Masjidil Nabawi. Setelah rangkaian Solat selesai pagi dilanjutkan ziarah ke makam Baginda Rasul, karena semalam sudah ada pengalaman jadi hari ini lebih siap berdesakan bersama jamaah lain, selesai ziarah ini dilanjutkan acara masing masing sampai malam, tepat pukul 22.00 waktu Saudi kitapun terlelap tidur di hotel AlHaram di madinah, zzzzz....

Jumat, 24 Feb 2017
Seperti biasa Jam 03.00 waktu saudi kita pada ke masjid Nabawi, warbiasak semangat bapak bapak kamar ane, pergilah kita utk solat malam dan subuh. Nah hari ini jalan di Jazirah Arab, Masjidil Quba, Kebun Qurma, Makan, setelah selesai barulah solat Jumat di Masjidil Nabawi

Sabtu, 25 Feb 2017
Alhamdulllilah hari ini bisa ke Masjidil Nabawi masuk dari pintu Babussallam(pintu utk masuk ke Arraudoh), pergi sendiri jam 04.00 sudah di Masjid Solat malam dan Solat Subuh, sedih rasanya subuh ini, dan berdoa kepada Allah semoga bisa subuh lagi disini bersama Mommy, Atha, Hana dan kalo bisa sekeluarga besar. Pulang dari masjid utk sarapan dan berkemas karena hari ini kami meninggalkan AlHaram(hotel kami) menuju Makkah, sebelum berangkat kami di Pergi bersama Ustad Habib Ali utk Pamit  kepada Nabi Muhammad SAW. Tepat 12.00 Bus Menuju kota Makkah.
Alhamdullilah kami semua sampai di Tanah Haram atau kota Makkah pukul 18.00. Dan pada saat ini kami sudah memakai pakai Ihram, dan sesuai arahan Pak Habib Ustad Ali, kami makan dan bada Isya kami ke Mataf utk melaksanakan Umroh Wajib, tepat pukul 21.00 Jamaah dan dikomandoi Pak Ustad Habib memulai Tawaf, selesai Tawaf Sa'i, Tawaf Wada, Cukur dan Alhamdullilah selesai semua rangkaian Umroh, MasyaAllah haru rasanya, kecil sekali ane di mata Allah, ane berdoa insyaAlloh dilancarkan sampai nanti Haji bersama Karin dan Umroh lagi bersama Karin, Atha dan Hana. Pukul 24.00 menuju hotel dan tentu sebelumnya cukur gundul di tempat Pangkas, dan tidur zzzzzzzzzz

Minggu, 26 Feb 2017
Pak Habib sengaja tidak ada kegiatan, buat para Jamaah istirahat, diberikan kesempatan beribadah sebanyak banyaknya di Masjidil Haram, dan kaki ane mulai pecah di tumit kalo dipijakan sakiitttttt sekali, berdoa kepada Allah insyaAlloh diberikan kesembuhan dan beraktifitas normal kembali seperti biasa.

Senin, 27 Feb 2017
Pagi ini beberapa jadwal kegiatan di kota Makkah bersama Jamaah dari Palembang kita ke Gunung Shur, terus ke Jabal Rahmah, nah spesialnya Jabal Rahmah ini, bukit dimana dipertemukannya kembali Nabi Adam dan Istri Beliau Siti Hawa, ane pun dan Jamaah segera mendaki bukit ini, MasyaAllah sampai juga sampai ke puncaknya, berdoa kepada Allah dan tentu titipan doa temen temen untuk di tempat ini. Dan tentu gak lupa foto diatas bukit ini. Dalam kegiatan ini kami melakukan umroh kedua, pakaian Ihram sudah kita bawa sebelumnya dan mikad di Masjid perbatasan sebelum masuk ke tanah Haram, dan hal yang ndak ane duga, tetiba maag ane kambuh, dan sakitnya luar biasaaaaaaaa, dan membuat ane memutuskan tidak melakukan tawaf, Sa'i, hanya di dalam kamar minum obat dan tidur saja. Alhamdullilah obatnya bekerja setelah 3 jam dan ane bisa berkegiatan seperti biasa, dan sejak itu obat maag yang disiapin Karin (istriku) selalu tak bawa dalam tas.

Selasa, 28 Feb 2017
Selasa ini ane ijin sama Ustadz Abdul(mutowip) izin keluar dari Makkah menuju Jeddah utk menemui abang sepupu, namanya bg Dian, doi berada di Jeddah karena bekerja di maskapai Saudi Arabia sebagai Pilot, dan seharian Selasa ini bersama keluarga bg Dian, kegiatannya makan makanan khas Turki, lari Pagi, dan belanja oleh oleh buat abang atha dan adek hana(anak ane). Pulang malam hari sebelum Isya, dan berpisah kita setelah ane diantar kembali ke kota Makkah, nah setelah Isya bersama Ustadz Habib dan Ustadz Abdul serta Jamaah Umroh Palembang, kami melakukan Tawaf Wada, Tawaf ini dilakukan sebagai salam perpisahan kepada Allah SWT, haru kembali air mata ketika mencium kabah, haru dan ane tautkan doa buat orangtua, karin atha Hana, agar kami semua bisa kembali ke Baitullah, Alhamdullilah semua Rangakaian Umroh sudah ane lakukan, malam ini packing dan tidur karena pagi kami menuju jeddah untuk kembali ke tanah air, Indonesia.

Rabu, 1 Maret 2017
Pukul 16.30 waktu Saudi Arabia, maskapai milik plat Merah mulai megepakan sayapnya menembus cakrawala dan kita menuju Jakarta, setelah sampai di Jakarta pukul 05.30 pagi WIB, penerbangan jam 11.00 WIB menuju Palembang, Alhamdullilah 12.30 WIB sudah berada di Palembang dijemput sama Karin, Atha dan Hana.

Note : Ane doakan bagi sodara-sodara ane yg Muslim, Jauh sudah perjalanan yang kalian jalanin, bertumpuk harta yang kalian timbun dan kesehatan yang selalu jaga, disegerakanlah ke Baitullah Haji dan Umroh, apabila ada sodara-sodara kamu muslimin yang belum, ane doakan segera menunaikannya.