Senin, 13 November 2017

MemePelari Road to TOP Apparel

Senin, 13 Nov 2017

di ruangan ane 4x4 meter, Alhamdullilah ane rampungkan tulisan ini, dimulai sejak 25 September 2017 dan kelar juga per tgl 13 Nov 2017 (detail percerita pun berbeda-beda tanggal, bisa dilihat diakhir tulisan).


-Suka lari
Hai pembaca, dah mau masuk bulan November 2017 aje niy, dah 2 bulan kurang lagi kita akan menutup tahun 2017 dengan gemilang, menyongsong 2018 dengan harapan baru. Tentu pembaca memiliki harapan,plan dan mimpi luar biasa di 2018. Eh cukuplah 2018, itu kita maksimalkan tahun depan, yak tahun ini kita mulai flashback apa yang sudah kita harap, plan, mimpikan dulu sebelum masuk 2017, apakah sudah in track atau masih keluar jalur seperti benang yang kusut tanpa arah kompas yang jelas. Halah, kok jadi lebay ini, hahahahaha tapi ya sebelum tutup tahun, harus kita urut dari Januari 2017 sampai dengan sekarang. Kalo ane, ada harapan, asa, mimpi, plan, bagaimana sebuah hobi ane menghasilkan uang. Dari periode januari 2017 sampai dengan skg November 2017, ane baru mendapatkan ide bisnis yang akan menghasilkan uang dan ide itu muncul di bulan Juni 2017. Dari kesukaan ane di olahraga lari, membuat ide baru yang goalsnya menjadi sebuah ide bisnis kreatif yang baru. Kenapa ane bersikeras hobi kudu menghasilkan uang karena ada 3 faktor utama ane dalam melakukan bisnis kreatif ini ;
•Babab Dito (penemu tongsis, pelopor ruang mungil ; motret preiser skala 1:87], doi bilang ke ane “ndri, gw itu kalo punya hobi harus gw pertanggungjawabkan kepada bini dan anak2 guwe, contoh gini ndri gw belik mirror lens seharga 10juta dan gw wajib membuat minimal BEP niy barang dengan memotret berbayar atau komersilin”
•Peter Firmansyah founder And owner PSD, ketika ane ikut kuliah umumnya kang Peter, doi bilang gini “kalo elu mau memulai usaha, mulailah dari hobi atau kesukaan lo selama ini, karena akan lebih berhasil dan menjiwai nantinya”
•Walt Disney, ini ane belajar dimana usaha Walt disney still life dan berdiversifikasi, mereka memiliki tim marketing hanya 3 divisi yakni dreamer, realis, critics.

-Gabung komunitas lari
ane selama lari sudah dua klub lari yang ane gabung, yakni RUNMDN dan Palembang_Runners, di klub ini banyak sekali ane belajar lari, teknik dasar seperti firm lari, pemanasan dan pendinginan, exercise seperti interval, tempo, core dan masih banyak lagi. Hal-hal yang ane pelajari menambah ilmu baru dalam hidup ini terutama berlari yang mendekati bener ke arah science. Nah grup lari ini tidak hanya melakukan kegiatan kopi darat saja tetapi didunia maya juga, dengan dibuatnya grup whatapps dan line, sehingga informasi terupdate langsung diketahui oleh seluruh member. Tentu tidak hanya informasi saja tetapi hasil photo dan video selepas kopi darat pun di posting di grup ini. Foto-foto yang dihasilkan bagus-bagus dan banyak, biasanya sekali posting bisa 80 bahkan lebih. Dan yang diposting paling MAXimal 5, nah disini ane melihat peluang, poto yang sangat banyak dan bercerita ini sepertinya bisa didaur ulang, menjadi cerita-cerita yang menarik. Dimana orang lain yang belum tertarik berlari minimal dengan di remake dikit yang tadinya gak menarik membuat yang lain jadi tertarik. Masalah mereka kapan larinya itu nanti tapi sudah ada dihati mereka ketertarikan dalam lari.
Daur ulang atau recycle ini, ane coba membuat meme. Dimana meme ini akan menjadi khusus, karena menceritakan daily lifenya pelari. Dan terciptalah brand memepelari. Dengan seizin capt. Andri selakuku pimpinan tertinggi di pelambang_runners mulailah ide kreatif ini dalam membuat meme. Dan hasil meme tadi ane posting didalam instagram dengan akun @memepelari Alhamdullilah setelah 3 bulan lauch followersnya sudah diangka 1,7K. Semoga followersnya bertambah dan terus meninspirasi dalam berlari. Oh iya, dengan respon positif ini, terkadang bukan ane saja yang buat meme, dari followers memepelari pun mulai membuat meme dan ditag ke akun memepelari, dan ane tinggal repost. Ternyata pelari jago juga bikin meme, terkadang mereka lebih kreatif dibandingkan ane.

-agar melebar dan membumi, dipilih ambassador memepelari dari beberapa tempat, Lombok, jombang, bogor, bekasi, palembang, jakarta, medan]
Agar lebih dikenal luas di Indonesia dan ngebumi, ane membuat keputusan dengan memilih ambassador memepelari dari berbagai kota di Indonesia, kota-kota ini seperti Lombong, Jombang, Bogor, Bekasi, Palembang, Jakarta dan Medan. Ambassador ini ane kirimkan tshirt memepelari ke mereka. Dan mulailah viral marketing ane maenkan. Ambassador ini mulai memakai tshirt memepelari ketika ada race lari, latihan lari bareng komunitasnya dan bahkan dipakai mereka ketika lagi nongkrong santai di kotanya. Dengan kemunculan tshirt memepelari banyak netizen memepelari (*followers IG memepelari) ingin memilikinya bahkan pengen sekali membeli. Pekerjaan selama ini membesarkan sebuah brand Alhamdullilah membuahkan hasil, terlihat respon dari netizen mempelari, dari like, repost, comment, DM ke iG bahkan terkadang DM meminta fotonya dibuatkan meme. Dari respon ini, ane mengeksekusi sebuah apparel baru, apparel memepelari, apparel ini baru jersey lari dan topi. Dan ketika PO pertama dibuka 120 an jersey lepas ke seluruh pulau-pulau di Indonesia, Sumatera, Jawa, Bali, NTB, Kalimantan, Sulawesi. Utk apparel yang coming soon yakni topi dan ane believe apparel ini akan mengikuti jejak jersey larinya. Plan ane kedepan, selain jersey dan topi, apparel yang akan muncul tas lari, tas pinggang lari, jaket, headband dan lain-lain.
-meningkatkan ekonomi kreatif digital
Dengan omzet sampai dengan sekarang di angka 30jutaan rupiah, ternyata bergerak di bidang ekonomi kreatif terkhusus di digital sangat menjanjikan. Semua teori marketing yg ane pelajari dari guru, dosen, praktisi kepakai semua hanya sekarang dipindahkan ke digital. Promo, Sales dan lain-lain dilakukan oleh sebuah handphone, paket data, apps desain foto dan apps social media. Tidak ada yg tidak bisa, yang ada tidak mau. Tantangan besar dalam hidup ini adalah diri sendiri, yakni takut, takut gagal, takut gak laku, takut gak jago bisnis. Dengan memepelari ini ane bantahkan semua tantangan tadi.

-road to TOP Apparel dunia
Opportunity masih sangat besar, kelurahan, kecamatan, kota, propinsi bahkan negara Indonesia belum begitu kenal memepelari, hanya warga netizen memepelari saja. Masih banyak ruang improvement dalam bisnis ini. Dan mimpi ane ingin menjadikan memepelari sebagai TOP Apparel dunia.
ATP
•Senin, 25 September 2017
Dalam pesawat milik plat merah dari Medan menuju lampung [kerangka tulisan utk talkshow 5 Oktober 2017 di PS Mall bersama Palembang Runners]
•Jumat, 20 Oktober 2017
Dalam pesawat milik plat merah dari Palembang menuju Medan [suka lari]
•Senin, 23 Oktober 2017
Dalam pesawat merah milik negeri jiran tetangga [gabung komunitas lari]
•Jumat, 10 November 2017
Dalam pesawat singa merah [agar melebar dan membumi, dipilih ambassador memepelari dari beberapa tempat, Lombok, jombang, bogor, tangerang, palembang, jakarta, medan]
•Senin, 13 Nov 2017
Dalam pesawat milik plat merah [meningkatkan ekonomi kreatif digital & road to apparel dunia]


Logo MemePelari (instagram @memepelari )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar